Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

khasiat kumis kucingKumis kucing merupakan salah satu tanaman obat yang banyak terdapat di Indonesia. Bentuk bunganya mirip seperti kumis yang dimiliki kucing. Khasiat kumis kucing telah banyak dikenal sejak ratusan tahun lalu. Saat ini sudah banyak produk kesehatan yang menggunakannya sebagai bahan baku, diantaranya adalah dijadikan kapsul.

Kandungan Kimia

Didalam daun kumis kucing terdapat kandungan kimia berupa alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol. Selain itu terdapat juga kandungan zat samak, orthosiphon glikosida, minyak lemak, sapofonin, garam kalium dan myoinositol serta minyak atsiri sebanyak 0,02 – 0,06% yang terdiri dari atas 6 macam sesquiterpenes dan senyawa fenolik, glikosida flavonol serta turunan asam kaffeat. Tanaman kumis kucing juga mengandung asam organik, mineral, lemak, gom albuminoit, gula, damar (pahit) dan minyak atsiri (sineol, pinen, sesquiterpen). Berdasarkan sebuah penelitian yang melakukan ekstraksi ekstraksi daun dan bunga kumis kucing ditemukan kandungan methylripariochromene A atau 6-(7, 8-dimethoxyethanone). Di dalam penelitian yang sama ditemukan juga 9 macam golongan senyawa flavon dalam bentuk aglikon, 2 macam glikosida flavonol, 1 macam senyawa coumarin, scutellarein, 6-hydroxyluteolin dan sinessetin.

Khasiat Kumis Kucing

Khasiat obat kumis kucing antara lain sebagai karminatif, anti inflamasi, analgesik dan antipiretik. Efek farmakologi daun kumis kucing secara empiris telah digunakan oleh masyarakat dalam pengobatan tradisional, antara lain sebagai peluruh air seni, mengobati batu ginjal, mengobati kencing manis, penurun tekanan darah tinggi serta mengobati encok. Pada prinsipnya kumis kucing digunakan sebagai diuretik. bagian dari tanaman kumis kucing yang digunakan dalam pengobatan adalah daunnya, baik dalam bentuk daun kumis kucing basah maupun kering. Di Indonesia, kecenderungan yang sudah berkembang di masyarakat adalah penggunaan kumis kucing sebagai obat tradisional untuk penyembuhan batuk, encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu, daun tanaman ini juga memiliki khasiat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria dan penyakit sifilis.

Ramuan Tradisional Kumis Kucing

Terdapat berbagai ramuan tradisional berbahan dasar kumis kucing yang dipercaya memiliki khasiat berbagai penyakit. Ramuan atau resep obat tradisional berbahan baku kumis kumis kucing untuk pengobatan berbagai beberapa jenis penyakit itu ialah sebagai berikut :

  1. Air kencing mengandung zat putih telur
    Ramuanya, siapkan daun kumis kucing segar 1 genggam dan air mendidih 200 ml. Daun kumis kucing diseduh, kemudian diminum seperti minum air teh.
  2. Batu dalam ginjal
    Ramuannya, siapkan kumis kucing 5 g, meniran (sudah ditumbuh) 7 g atau daun meniram 1 genggam, jagung muda atau juga bisa dengan rambut jagung 1 genggam, keji beling 3,5 g, biji kayu anyang 7 g, tanaman sawi 7 tumbuhan. Semua bahan dikeringkan dan dirajang halus, lalu dicampur. Tiap hari konsumsi 2 sendok besar ditambah dengan air panas. Diminum 2-3 kali sampai habis.
    Resep kedua, ambil meniran 15 g, daun murbei 15 g, daun remujung (kumis kucing) 80 g, bonggol jagung muda 70 mg. Semua bahan dicampur, digiling halus dan dicampur dengan air panas. Tiap hari 6 g dari campuran itu diseduh dan diminum 1 hari sekali sampai sembuh.
  3. Batu dalam kantong empedu
    Ramuannya, siapkan daun kumis kucing 15-25 helai atau segenggam tangan, rimpangĀ  kunyit sebesar ibu jari, daun wungu 7 helai, bawang putih 2 siung, kayu manis secukupnya. Cara membuat, rebus semua bahan tersebut dalam 1,5 liter air hingga tinggal setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari.
  4. Batu dalam kandung kemih
    Ramuannya, siapkan daun kumis kucing segar atau kering 5-10 helai atau seperempat genggam tangan, kemudian rebus dalam segelas air hingga tinggal setengah gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.
  5. Batu dalam kandung kemih
    Ramuannya, siapkan daun kumis kucing segar atau kering 5-10 helai atau seperempat genggam tangan, kemudian rebus dalam segelas air hingga tinggal setengah gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.
  6. Infeksi saluran kencing, sering buang air kecil sedikit-sedikit (anyang-anyangan)
    Ramuannya, siapkan herba meniran, kumis kucing dan alang-alang masing-masing 30 g. Semua bahan dibersihkan terlebih dahulu dengan dicuci, kemudian potong kecil-kecil lalu direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Didihkan air rebusan tersebut dan sisakan setengahnya. Setelah dingin minum masing-masing setengah gelas sebanyak 3x sehari.
  7. Kencing batu
    ramuannya siapkan tanaman herba kumis kucing sebanyak 30 g, kemudian bersihkan dengan caa dicuci terlebih dahulu. Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih dan sisakan 750 ml. Setelah dingin minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.
  8. Demam
    Banyak orang yang belum tahu bawa salah satu khasiat kumis kucing adalah menurunkan demam. Ramuannya, siapkan kmis kucing yagn telah dibersihkan terlebih dahulu sebanyak 100 gr. Rebus dengan air sebanyak 2 liter. Dinginkan dan saring. Selanjutnya diminum sekali sehari. Dalam 2-3 hari biasanya demam sudah akan turun.
author
Penulis: 

Posting Terkait "Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatan"

Penanganan Pasca Panen Tanaman Kumis Kucing
Produk utama dari usaha budidaya tanaman kumis
Dahsyatnya Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Daun kemangi atau yang dikenal juga dengan
Cocor Bebek : Ciri-CIri, Kandungan dan Manfaatnya
Cocor bebek juga dikenal dengan nama suru
Proses Penanganan Hasil Panen Tanaman Obat
Hasil panen tanaman obat bisa digunakan dalam

Tinggalkan pesan "Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatan"