Dahsyatnya Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

daun kemangiDaun kemangi atau yang dikenal juga dengan nama raihan dan daun ruku-ruku merupakan tanaman yang wangi dan berbau harum. Orat barat menyebut tanaman ini dengan sebut ais. Sedangkan di kalangan orang-orang arab dikenal dengan nama raihan. Orang-orang di iraq dan syam menyebutnya sebagai habaq. Bagi masyarakat, daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan dan sayur. Selain karena rasanya yang enak, daun kemangi sangat mudah ditemui di sekitar kita. Kemangi tidak menuntut syarat tumbuh yang rumit. Dapat dikatakan semua wilayah di Indonesia bisa ditanami kemangi, yang jelas tanahnya harus bersifat asam. Kemangi juga toleran terhadap cuaca panas maupun dingin. Perbedaan iklim ini hanya mengakibatkan penampilan tanaman sedikit berbeda. Kemangi yang ditanam didaerah dingin daunnya lebih lebar dan lebih hijau. Sedangkan kemangi yang tumbuh didaerah panas daunnya kecil, tipis dan berwarna hijau pucat.

Klasifikasi

Kemangi yang ada di Indonesia memiliki nama latin Ocimum basillicum. Karena tumbuhnya yang menyemak, maka dikelompokkan dalam kelompok basil semak (bush basil). Dalam sistem klasifikasi terbaru, kemangi merupakan anggota dari famili Lamiaceae yang didalamnya berisi tanaman dengan bunga berbibir. Ia termasuk ke dalam marga Ocimum yang memiliki 50-150 spesies didalamnya tersebar di daerah tropis Asia, Afrika sampai Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hanya sebagian saja dari genus ini yang digunakan sebagai tanaman obat diantaranya Ocimum basilicum, O. sanctum, O. gratisimum dan O. amerianum.

Secara lengkap Klasifikasi Kemangi adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Lamiales
Famili : Lamiaceae
Genus : Ocimum
Spesies : Ocimum basillicum

Khasiat Daun Kemangi

Kemangi ternyata tidak hanya terkenal sebagai teman lalapan atau sebagai sayur. Akan tetapi, jauh dari itu, daun kemangi memiliki manfaat bagi penyembuhan beberapa penyakit pada tubuh manusia. Kemangi mengandung banyak senyawa yang berkhasiat bagi tubuh. Didalam kemangi terdapat senyawa arginine yang mampu memperpanjang masa hidup sperma sehingga menambah kesuburan. Senyawa ini juga dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mengobati diabetes. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang produksi-produksi hormon androgen dan estrogen. Selain itu terdapat kandungan orientin dan vicenin yang berfungsi untuk melindungi struktur sel tubuh. Terdapat pula cineole, myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti inflamasi. Didalam daun kemangi juga terdapat kandungan betakaroten tinggi dan magnesium serta mineral penting lainnya yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Khasiat daun kemangi lainnya adalah dapat mengurangi bau mulut dan bau badan. Jadi, bagi anda yang merasa bahwa mulut atau badan anda bau, maka anda bisa memanfaatkan daun kemangi. Caranya dengan mengkonsumsi lalapan kemangi segar setiap hari secara rutin. Tetapi apabila nda kurang suka dengan rasanya, anda dapat  merebus daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas kemudian meminum airnya setiap hari.

Menurut pakar biologi John Heny M dalam Bukunya yang berjudul A Dictionary of Practical Material Medical, ia mengatakan bahwa daun kemangi memiliki beberapa khasiat diantaranya dapat menyembuhkan diare, nyeri pada payudara, meluluhkan batu ginjal dan albuminaria. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, Amerika Serikat menyatakan bahwa daun kemangi terbukti ampuh untuk mengatasi flu, sakit kepala, cacingan, sembelit dan batu ginjal. Selain itu, dalam penelitian yang sama membuktikan bahwa daun kemangi dapat mengobati perut kembung, maag, masuk angin hingga stroke. Tidak hanya itu, ternyata aroma dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Minyak Atsiri dalam Daun Kemangi

Daun kemangi sering disuling karena mengandung minyak atsiri didalamnya. Minyak atsiri yang dihasilkan ini memiliki aroma yang tahan selama 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri ini dapat membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aromatik. Namun, jika anda adalah seorang ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena akan meningkatkan resiko keguguran.

 

author
Penulis: 

Posting Terkait "Dahsyatnya Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan"

Penanganan Pasca Panen Tanaman Kumis Kucing
Produk utama dari usaha budidaya tanaman kumis
Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatan
Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat
Cocor Bebek : Ciri-CIri, Kandungan dan Manfaatnya
Cocor bebek juga dikenal dengan nama suru
Proses Penanganan Hasil Panen Tanaman Obat
Hasil panen tanaman obat bisa digunakan dalam

Tinggalkan pesan "Dahsyatnya Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan"