Cocor Bebek : Ciri-CIri, Kandungan dan Manfaatnya

cocor bebekCocor bebek juga dikenal dengan nama suru bebek di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Bryophyllum calycinum syn dan Bryophyllum pinnatum. Ia merupakan tumbuhan sukulen atau yang mengandung air dan berasal dari Madagaskar. Tanaman ini juga dapat ditemukan di berbagai negara yang berklim tropis seperti Indonesia, Australia, Selandia Baru, India dan hawai.

Di hawai, tanaman ini dianggap sebagai spesies yang invansif. Alasan utama penyebarannya yang besar adalah  dikarenakan kepopuleran tanaman ini sebagai tanaman hias. Tidak hanya populer sebagai tanaman hias di rumah-rumah, ia juga memiliki khasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Ciri-Ciri Cocor Bebek

Tanaman ini terkenal karena cara berkembang biaknya yang melalui tunas daun. Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya di bagian daun yang kemudian akan tumbuh berkembang menjadi tanaman baru. Sangat jarang ada tumbuhan yang bereproduksi melalui cara seperti ini.

Ciri-ciri cocor bebek yang lain adalah ia memiliki batang yang lunak dan beruas. Bagian daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda dan terkadang ada yang berwarna abu-abu. Bila dimakan daun cocor bebek rasanya agak masam dan dingin. Tanaman ini memiliki bunga majemuk yang berbentuk kotak.

Kandungan

Daun tanaman ini mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, asam formiat, tanin dan kalsium oksalat. Penelitian yang dilakukan oleh ahli kimia Indonesia Supratman brserta rekan-rekannya dari Divisi Biokimia Terapan Osaka Prefecture University di Sakai, Jepang, menunjukkan bahwa isolasi terhadap lima bufadienolides dari daun cocor bebek mempunyai efek menghambat pengaktifan antigen awal virus Epstein-Barr (EBV-EA) pada sel Raji yang disebabkan oleh tumor.

Selain kandungan bufadienolides, daunnya yang memiliki sedikit rasa asam, lunak dan dingin ini juga mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, alkaloid, flavonoid, quercetine-3-diarabinoside dan kaempferol-3-glucoside.

Manfaat

Kandungan kimia yang ada didalamnya membuat daun cocor bebek memiliki manfaat untuk digunakan mengobati berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun ini adalah luka, perut mulas, bisul atau memar, radang telinga luar, batuk, sakit dada, borok, penyakit kulit, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur dan lain sebagainya.

Untuk penyembuhan luka, anda bisa menumbuk atau memarut beberapa helai daun cocor bebek. Setelah itu tambahkan sedikit air dan dibalurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Agar tidak menimbulkan infeksi, maka sebaiknya anda secara rutin mengganti ramuan tersebut setiap tiga jam sekali. Untuk meredakan perut mulas bisa dilakukan dengan cara yang sama yakni balurkan ramuan cocor bebek yang sudah ditumbuk dan diberi sedikit air pada perut yang mulas. Sedangkan untuk mengobati bisul bisa dilakukan dengan cara menghancurkan 30 – 60 gram daun cocor bebek kemudian diperas. Tambahkan madu kemudian diminum dan sisa daunnya ditempelkan pada bagian yang sakit.

author
Penulis: 

Posting Terkait "Cocor Bebek : Ciri-CIri, Kandungan dan Manfaatnya"

Penanganan Pasca Panen Tanaman Kumis Kucing
Produk utama dari usaha budidaya tanaman kumis
Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatan
Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat
Dahsyatnya Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Daun kemangi atau yang dikenal juga dengan
Proses Penanganan Hasil Panen Tanaman Obat
Hasil panen tanaman obat bisa digunakan dalam

Tinggalkan pesan "Cocor Bebek : Ciri-CIri, Kandungan dan Manfaatnya"